Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Siapkan Rp600 Miliar, BTN Akan Rampungkan Akuisisi PNM-IM

Tuesday, 20 August 2019


JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) akan menyelesaikan proses akuisisi PT PNM Investment Management (PNM-IM) pada tahun depan. Perseroan berencana menggelontorkan dana Rp500 miliar hingga Rp600 miliar dalam proses akuisisi tersebut.


   Direktur Collection and Risk Management BTN Nixon Napitupulu menjelaskan, perseroan saat ini sedang menunggu persetujuan 30% saham PNM-IM. "Kami harapkan izin keluar pada Juli 2019, namun saat ini masih dalam proses," ungkap dia di Jakarta, Senin (19/8).


   Setelah mendapatkan perizinan pada tahap I, perseroan akan memproses akuisisi pada tahap II menjadi 60%, lalu akan menyelesaikan akuisisi 85% pada tahun depan.


   "Ujungnya nanti 85%, kalau melihat proses tahapan akuisisi kemungkinan akan selesai tahun depan. Perkiraan dana yang masuk sekitar Rp500 miliar hingga Rp600 miliar," terang dia.


   Di sisi lain, Direktur Utama PNM-IM Bambang Siswaji menjelaskan, perseroan sudah memproses penambahan modal ke OJK. Saat ini, Bambang mengungkapkan hal tersebut sedang dalam tahap penelaahan dari OJK.


   Adapun tahun ini, PNM IM menargetkan dana kelolaan (asset under management / AUM) sebesar Rp12 triliun. Sedangkan sampai saat ini, AUM perseroan mencapai Rp9,6 triliun, meningkat dibanding posisi akhir Desember 2018 yang mencapai Rp8,6 triliun.


   Salah satu produk yang diterbitkan adalah RDPT berbasis Sukuk PTPN III. Bambang Siswaji mengatakan, perseroan telah mendapatkan mandat total fund raising sebesar Rp2 triliun dari PTPN III. Perseroan mengemas penggalangan dana itu melalui produk RDPT dengan underlying asset berupa Sukuk Ijarah II Tahun 2019 PTPN III. Sukuk ijarah ini telah mendapat rating single A(sy) dari Pefindo, lembaga pemeringkat efek nasional.

Sumber : Investor Daily