Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Tahun Ini Pasar Bakal Membaik, Dana Kelolaan Reksa Dana Bisa Tembus Rp650 Triliun

Friday, 10 January 2020


JAKARTA - Pertumbuhan dana keolaan industri reksa dana pada tahun ini diprediksi lebih kencang dibandingkan dengan tahun lalu. Ini didorong oleh membaikanya kinerja pasar modal dan racikan portofolio masing-masing manajer investasi.

Direktur Eksekutif APRDI Mauldy Rauf Makmur mengatakan, kondisi pasar pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu sehingga dana kelolaan bisa tumbuh sekitar 15% - 20%, jauh lebih tinggi daripada tahun lalu di bawah 7%.

Per akhir 2019 dana kelolaan reksa dana mencapai Rp542,2 triliun atau tumbuh 6,92%. Bila tahun ini bisa tumbuh 20%, maka dana kelolaan industri reksa dana diprediksi menyentuh Rp650 triliun.

"Sekitar 15-20% ini moderat. Ini mungkin ada pergeseran alokasinya ya. Pendapatan tetap atau pasar uang di gtengah situasi market yang volatilitasnya masih tinggi. Customer base masih kecil. Penurunan tingkat suku bunga masih ada sehingga investgor mencari alternatif yang lebih baik dari produk bank," ujarnya.

Pulihnya kinerja pasar modal pada 2020 akan memantik kepercayaan diri investor untuk menanamkan modalnya pada instrumen reksa dana.

Apalagi,masih ada peluang untuk mendongkrak jumlah investor ritel seiring dengan pengembangan transaksi dengan platform teknologi finansial. Pada tahun lalu, investor reksa dana tumbuh 77,65% menjadi 1,77 juta investor dibandingkan tahun sebelumnya 995,5 ribu investor.

Sumber : Bisnis Indonesia