Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Penerbitan MTN Diproyeksikan Marak Tahun Ini, Reksa Dana Penyertaan Terbatas Kian Moncer

Friday, 17 January 2020


JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan penerbitan surat utang jangka menengah (Medium Term Notes/ MTN) akan mendominasi tahun ini. Hal ini didasarkan data permintaan pemeringkatan emisi surat utang yang telah mencapai Rp 40,69 triliun hingga 15 Januari 2020.

 

Semaraknya surat utang MTN ini akan mendorong bisnis reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) semakin bergairah pada tahun ini.

 

Kepala Pemeringkatan Jasa Keuangan Pefindo Hendro Utomo mengatakan, Pefindo telah mendapatkan mandat pemeringkatan MTN dengan total Rp 10,22 triliun. MTN mendominasi daftar pipeline surat utang yang bakal diperingkat Pefindo.

 

“Memang mandate MTN tergolong banyak, ada 19 emiten yang akan terbitkan MTN tahun ini,” katanya pada acara Pefindo Press Release, Kamis (16/1).
 


Maraknya penerbitan MTN tahun ini, ungkapk dia, kemungkinan dipengaruhi terbitnya peraturan baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) POJK Nomor 20/POJK.04/2019 tentang penerbitan efek bersifat utang atau sukuk yang dilakukan tanpa penawaran umum (EBUS) atau yang biasa disebut surat utang jangka menegah atau MTN yang akan berlaku mulai Juni 2020.
 


“Peraturan tersebut akan memperketat penerbitan MTN dengan target mulai berlaku Juni 2020. Hal ini kemungkinan mendorong sejumlah korporasi mempercepat emisi atau dilakukan sebelum peraturan baru tersebut berlaku. Ini pendapat saya pribadi,” ujarnya.
 


Sumber : Investor Daily