Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Pamor Reksa Dana Syariah Kian Kinclong

Friday, 07 February 2020


JAKARTA - Pamor produk reksa dana syariah pada tahun ini dinilai bakal terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan investor terhadap produk alternatif. Kontribusi reksa dana syariah pun semakin tumbuh.

Berdasarkan data OJK per akhir Desember 2019, nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana syariah tercatat Rp53,67 triliun. Kontribusinya mencapai 9,91% terhadap total dana kelolaan industri reksa dana. Bahkan, posisinya sempat mencapai Rp57,34 triliun dengan kontribusi sekitar 10,37% pada Desember 2019.

Angka tersebut naik signifikan dibanding dengan tahun sebelumnya dengan kontribusi reksa dana syariah hanya mencapai 6,82% dari total dana kelolaan industri reksa dana syariah.

Dari sisi produk, jumlahnya pun terus bertambah. Per Desember 2019 ada sebanyak 265 produk reksa dana syariah yang terdaftar di OJK. Ini naik signifikan dibandingkan dengan posisi 2017 dan 2018 masing-masing sebanyak 182  produk dan 224 produk.

"Saat ini produk syariah memang tengah jadi primadona, termasuk produk reksa dana syariah. Banyak konsumen mencari alternatif produk investasi syariah," kata I Nengah Sukerja, salah satu pelaku manajer investasi.

Bahkan, produk syariah diprediksi akan memiliki peluang yang semakin lebar untuk terus bertumbuh pada tahun ini. Ini seiring dengan masuknya invsetasi dari investor institusi berbasis syariah ke industri reksa dana.

Sumber : Bisnis Indonesia