Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Ketidakpastian Akibat Virus Corona Dorong Optimisme Peluang Investasi Reksa dana

Monday, 17 February 2020


JAKARTA - Ketidakpastian dan ketakutan terhadap virus corona yang membayangi pasar keuangan dinilai justru memberikan peluang yang tepat untuk investasi, khususnya di reksa dana.

 

"Setiap kali ada penurunan di saham, pasti akan ada rebound kan. Kinerja obligasi tumbuh positif di tengah ekonomi yang sedang bergejolak, " kata Michael Tjoajadi, CEO PT Schorder Investment Management Indonesia.

 

Michael menambahkan sebenarnya para investor sudah menghitungkan berapa kerugiannya, dan itu sama sekali tidak membuat investor untuk berhenti berinvestasi. Investasi obligasi tampak positif dan akan terus meningkat.

 

"Dengan adanya omnibus law, itu bakal membuat perekonomian di Indonesia makin meningkat dan itu menjadi triger (pemicu) yang bagus untuk berinvestasi. Juga untuk FDI [Foreign Direct Investment]," tuturnya.

 

Sementara untuk di reksa dana, tantangan akan selalu ada. Bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Setiap ada gejolak, Bank Sentral sudah pasti akan melakukan tindakan, misalnya saja dengan menurunkan suku bunga acuan.

 

Berkaca seperti kejadian di Amerika Serikat, meski ekonomi mereka sedang memanas dalam empat bulan terakhir, toh pada akhirnya tidak ada fund manager yang dibubarkan atau ditentang.

 

"Data empat bulan terakhir di New York, tidak ada fund manager yang bubar. Tidak ada fund manager yang ditentang. Hal-hal seperti itu di setiap negara ada, tapi it's hit up (gejolak kecil). Lesson untuk buat [kinerja industri] jadi lebih baik," ucapnya.

 

Sumber : CNBC Indonesia

https://www.cnbcindonesia.com/market/20200214195908-17-138065/bos-schroders-bicara-tantangan-di-industri-reksa-dana