Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Per Akhir Pekan Lalu, Kinerja Reksa Dana Saham Terkoreksi Paling Dalam Hampir 10%

Wednesday, 19 February 2020


JAKARTA – Kinerja indeks reksa dana saham semakin merosot sepanjang tahun berjalan 2020 seiring dengan pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang terseret sentimen global dan domestik.

Per akhir pekan lalu, tingkat return reksa dana saham merosot hingga 9,28% (ytd). Ini menjadi penurunan paling dalam dibandingkan reksa dana terbukan lainnya.

Pada periode sama tersebut, Indeks reksa dana campuran terkoreksi 3,98%. Sebaliknya, indeks reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang menorehkan kinerja positif masing-masing 2,57% dan 0,61%.

Untuk itu, investor yang berorientasi jangka pendek – menengah dan memiliki profil konservatif disarankan berpindah ke reksa dana pasar uang ataupun pendapatan tetap.

Namun investor yang berorientasi jangka panjang dinilai tepat untuk saat ini masuk reksa dana saham karena valuasi saham yang cukup murah seiring turunnya indeks harga saham gabungan di kisaran 5.800 sejak awal Februari 2020.

Analis menilai kinerja reksa dana saham akan terlihat membaik saat siklus ekonomi menunjukkan tren positif. Meski demikian, investor tetap disarankan untuk melakukan diversifikasi portofolio reksa dana.

Sumber : Bisnis Indonesia