Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Prospek Tetap Tumbuh, Reksadana ETF Kian Diminati

Friday, 21 February 2020


JAKARTA. Di tengah pasar saham yang sedang lesu, reksadana Exchange Traded Fund (ETF) dapat menjadi pilihan investasi. Mengingat, produk reksadana ETF khususnya yang berbasis indeks malah mencetak pertumbuhan. Ini membuat produk ETF semakin diminati oleh investor maupun manajer investasi.

Deputi Direktur Pengawasan dan Pengembangan Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Halim Haryono mengatakan, kinerja positif reksadana ETF membuat dana kelolaan atau assets under management (AUM) reksa dana jenis ini terus bertambah. 

"Ketika pasar saham tengah melambat, reksadana ETF masih bisa tumbuh. Pada akhir 2019 kemarin, total AUM reksadana ETF berkisar di Rp 14,1 triliun, pada pertengahan Februari kini sudah menjadi Rp 14,4 triliun," kata dia, Kamis (20/2). 

Hal yang sama juga terlihat dari pertumbuhan produk ETF. Pada 2017, produk ETF hanya ada 12 produk, namun kini produknya sudah mencapai 40 produk.

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut, pertumbuhan signifikan ETF reksa dana tidak terlepas dari usaha para pelaku, penyedia, hingga regulator untuk melakukan sosialisasi dan memberikan insentif terhadap reksa dana EFT. 

"BEI sendiri berusaha memberikan berbagai terobosan, insentif terakhir yang kami berikan adalah pembebasan biaya transaksi. Dan ini bukan insentif terakhir, ke depan kami akan mendengar segala masukan dan siap memberi insentif lagi guna mendorong pertumbuhan ETF ini," papar Hasan.

Sementara itu, Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana berpendapat bahwa prospek reksadana ETF di 2020 masih akan tumbuh. Terlebih lagi dengan kinerja reksa dana saham yang belum bisa bangkit dan masih di bawah indeks.

 “Untuk investor institusi yang ingin masuk ke reksadana, reksadana ETF menjadi pilihan yang menarik. Sebab reksadana ini menawarkan diversifikasi, transparansi dan likuid, ditambah management fee yang relatif murah,” terang Wawan

Wawan memproyeksikan dana kelolaan reksadana ETF pada tahun ini bisa tumbuh mencapai 15% atau ke Rp 23 - 24 triliun.

Sumber : Kontan

https://investasi.kontan.co.id/news/harga-saham-sedang-turun-waktu-terbaik-untuk-beli-reksadana-etf?utm_source=dable