Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Pasar Reksa Dana ETF Tumbuh Cepat

Wednesday, 26 February 2020


JAKARTA - Pasar produk reksa dana yang diperdagangan di bursa atau Exchange Traded Fund (ETF) mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun, khususnya sejak 2018. Ke depannya, perkembangan ETF dinilai akan semakin baik.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indoensia Hasan Fawzi mengatakan, meski pertumbuhan produk ETF agak terlambat, namun bila dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara, Indonesia merupakan negara dengan variasi produk reksa dana ETF berbasis local terbanyak.

“Pertumbuhan reksa dana jenis ini ke depannya akan semakin baik. Hal ini karena jenis investasi ini memiliki sejumlah keunggulan,” katanya.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa pada pengujung 2015 jumlah produk ETF yang beredar di pasar hanya 9 produk dengan total dana kelolaan Rp4,11 triliun.

Namun mulai 2018 pasar ETF terlihat tumbuh lebih cepat dans emakin ramai. Sejumlah manager investasi mulai menerbitkan produk ETF. Tercatat ada sekitar 22 produk ETF dengan nilai aktiva bersih (NAB) sebesar Rp11,56 triliun.

Per 7 Februari 2020, jumlah produk ETF sudah berkembang cepat dengan jumlah produk menembus 40 produk dengan total NAB sebesar Rp14,23 triliun.

 Namun diakui bahwa dari sisi kinerja produk ETF ini belum begitu menggembirakan pada tahun ini. Hal ini seiring dengan pelemahan indeks harga saham gabungan akibat tekanan sentimen global.

Sumber : Bisnis Indonesia