Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap Masih Paling Moncer

Tuesday, 03 March 2020


JAKARTA. Penyebaran virus corona yang meluas sepanjang tahun ini membuat pasar keuangan Indonesia ikut terseret. Buktinya, sepanjang Februari lalu, indeks harga saham gabungan (IHSG) sudah turun 8,20%. Mengingat di akhir Fabruari lalu, IHSG ditutup di level 5.452,704.

Lesunya pasar saham juga membuat kinerja reksadana saham anjlok. Berdasarkan data Infovesta Utama, kinerja rata-rata reksa dana saham yang tercermin dalam Infovesta 90 Equity Fund Index minus 7,23%. 

Nah, jika melihat sejak awal tahun, rata-rata kinerja reksadana saham juga anjlok 13,84%. Angka ini lebih besar dari pelemahan IHSG sebesar 13,44%.

Koreksi pada pasar saham juga membuat kinerja reksadana campuran tak bertenaga, Buktinya, rata-rata kinerja reksadana campuran yang tercermin dalam Infovesta 90 Balanced Fund Index juga minus 6,43% sejak awal tahun dan menurun 3,71% secara bulanan. 

Kinerja mantap berhasil ditorehkan reksadana pasar uang. Rata-rata kinerja reksadana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta 90 Money Market Fund Index tercatat naik 0,88% sejak awal tahun dan naik 0,41% secara bulanan.

Sementara itu, rata-rata kinerja reksadana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta 90 Fixed Income Fund Index berhasil kembali menjadi reksadana paling unggul. Sejak awal tahun, kinerja reksa dana pendapatan tetap yang berbasis obligasi ini tumbuh 1,74%. Secara bulanan kinerja reksadana ini tumbuh 0,13%.

Dengan kinerja reksadana pendapatan tetap yang unggul maka reksadana jenis ini menarik untuk dijadikan investasi di tengah sentimen virus corona yang masih mengancam kinerja pasar saham dalam negeri. 

Karena itu diyakini kinerja reksadana pendapatan tetap bisa tumbuh positif hingga akhir tahun meski tidak dipungkiri sentimen virus corona berpotensi membuat yield Surat Utang Negara (SUN) kembali naik dan menyeret harga SUN.

"Investor asing belakangan lakukan aksi jual karena khawatir virus corona, secara bulanan kinerja reksadana pendapatan tetap terjadi koreksi yang sehat, tetapi sejak awal tahun kinerja masih positif," kata Soni, salah seorang manajer investasi, Senin (3/2). 

Sumber : Kontan.co.id

https://investasi.kontan.co.id/news/kinerja-reksadana-pendapatan-tetap-paling-mantap-sepanjang-2020