Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Investor Percaya Diri Kembali Masuk ke Reksa Dana

Thursday, 05 March 2020


JAKARTA – Kepercayaan investor pada produk reksa dana menunjukkan sinyal positif pada bulan kedua tahun ini meskipun pada Januari sempat terjadi penarikan dana alias net redemption.

Selama Februari 2020, terjadi pembelian baru investasi reksa dana senilai Rp47,99 triliun dan penjualan kembali senilai Rp47,95 triliun. Dengan demikian, terjadi pembelian bersih alias net subscription senilai Rp41,91 miliar.

Sebelumnya pada Januari 2020 teratat nilai pencairan atau penjualan kembali unit penyertaan reksa dana lebih besar daripada pembelian sehingga terjadi net redemption sebesar Rp6,17 triliun. Selain itu, aktivitas redemption pada Februari juga terlihat turun signifikan sekitar 23%.

Ketua Umum APRDI Prihatmo Hari Mulyanto menilai kembalinya net subscription dan menurunnya redemption ini mencerminkan kepercayaan diri investor yang masih tinggi di tengah situasi pasar saat ini. Pasalnya, produk reksa dana masih dinilai tetap menjanjikan.

“Investor reksa dana juga mulai dewasa dengan tidak mudah panic menghadapi volatilitas pasar yang tercermin dari menurunnya aksi penarikan dana,” katanya.

Sumber : Bisnis Indonesia