Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Reksa Dana Saham dan Pendapatan Tetap Siap Rebound di Bulan Maret

Friday, 06 March 2020


JAKARTA - Setelah mencatatkan kinerja yang kurang memuaskan di bulan Februari lalu, kinerja reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham diprediksi bakal rebound di bulan Maret. 

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menjelaskan, ada beberapa katalis yang bisa mengangkat kinerja dari dua reksadana tersebut.

“Reksadana pendapatan tetap saya rasa akan kembali menjadi reksadana dengan pertumbuhan yang paling baik di bulan ini. Setelah Februari pertumbuhannya nyaris flat, karena hanya sebesar 0,13%,” katanya.

Kinerja reksadana pendapatan tetap bulan lalu stagnan terjadi seiring dengan aksi jual terhadap Surat Utang Negara (SUN) yang dilakukan oleh investor asing hingga sebesar Rp 28,9 triliun.  Belakangan, Bank Indonesia (BI) juga sudah melakukan pembelian SUN. Karena itu harga SUN akan kembali stabil. Sehingga pada bulan Maret, reksadana pendapatan tetap bisa mempunyai kinerja yang lebih baik.

Nah bagi reksadana saham yang babak belur dalam dua bulan pertama tahun 2020, nasibnya masih tergantung terhadap penyebaran virus corona. Namun, kabar terbaru corona baik yang di Indonesia atau global punya pengaruh besar dalam kinerja reksadana saham.

“Tapi di bulan Maret juga ada laporan keuangan, pengumuman pembagian dividen, ditambah valuasi saham lagi murah. Ini bisa jadi nilai plus dan membuat reksadana saham ada potensi tumbuh positif pada Maret ini,” jelas Wawan.

Sementara untuk reksadana pasar uang, Wawan melihat pertumbuhannya masih konsisten. Seperti diketahui, kinerja reksadana jenis ini pada bulan lalu berhasil menjadi yang tertinggi dibanding jenis reksadana lainnya. Tetapi Wawan juga mengingatkan ada sentimen negatif yang menghantui kinerja reksadana ini.

“Pertumbuhan reksadana pasar uang bisa sedikit terganggu dengan adanya penurunan suku bunga acuan yang dilakukan The Federal Reserve. Ini membuat BI akan menurunkan suku bunga lagi padahal kan kemarin baru turunkan suku bunga,” tegas dia.

Sumber : Kontan.co.id

https://investasi.kontan.co.id/news/kinerja-reksadana-ini-diprediksi-membaik-di-bulan-maret