Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Suku Bunga Dorong Reksa Dana Pendapatan Tetap Kian Dilirik

Wednesday, 27 May 2020


JAKARTA - Peluang adanya pemangkasan suku bunga pada Juni 2020 membuat instrumen reksa dana pendapatan tetap atau fixed income dinilai layak dilirik investor. 

Meski dipertahankan dalam rapat dewan gubernur Bank Indonesia pada bulan Mei, pelaku pasar masih berekspektasi suku bunga acuan berpotensi dipangkas pada Juni nanti. Pasalnya, Indonesia masih mencatatkan defisit transaksi berjalan terkecil sejak 2017 senilai US$3,9 miliar periode kuartal I/2020.

Dengan kondisi ini, nilai tukar dollar AS terhadap rupiah akan lebih stabil dan mengalami penguatan. Pasalnya, permintaan terhadap dollar AS yang lebi kecil.

Di sisi lain, inflasi Indonesia masih terbilang rendah di level 2,67% pada akhir 2020. Posisi ini dapat meringankan bank sentral untuk menurunkan suku bunga acuan.

"Dengan melihat faktor tersebut, jenis reksa dana pendapatan tetap menjadi lebih menarik bagi investor karena berpotensi mengalami peningkatan kinerja yang dudukung oleh adanya kemungkinan penurunan suku bunga dalam jangka waktu dekat ini," kata head of market research Infovesta, Wawan Hendrayana.

Kendati demikian, investor dengan horizon investasi yang lebih panjang tetap dapat mengakumulasi reksa dana berbasis saham. Pasalnya, valuasi pasar saham saat ini sedang murah dan berpotensi mengalami kenaikan yang elbih tinggi dalam jangka panjang.

Sumber : Bisnis Indonesia