Please wait...

BERITA

Sekilas Perseroan

Imbal Hasil Reksa Dana Saham Akan Meningkat

Thursday, 05 March 2015


 JAKRTA - Tingkat imbal hasil reksa dana saham diperkirakan akan tetap tinggi sepanjang tahun ini dibandingkan dengan produk reksa dana jenis lainnya. Ini seiring dengan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang terus menguat.

 
Direktur utama Infovesta Utama, Parto Kawito mengatakan, secara konservatif, IHSG diperkirakan akan mencapai level 5.850 - 6.000 poin sepanjang tahun ini.
 
Dengan prediksi ini, return reksa dana saham sepanjang tahun ini diperkriakan mencapai 11% - 14%, lebih tinggi dibanding reksa dana campuran dan pendapatan tetap yang diperkirakan masing-masing mencapai 9% - 11% dan 7% - 8%.
 
Sepanjang tahun lalu, pertumbuhan reksa dana sepanjang 2014 cukup cemerlang. Return reksa dana saham mencapai 27,86% atau di atas pertumbuhan IHSG sebesar 22,29%. Adapun return reksa dana campuran mencapia 16,91% dan reksa dana pendapatan tetap sebesar 7,85%.
 
Pada Januari 2015 tingkat pengembangan investasi (return) produk reksa dana pendapatan tetap (RDPT) sempat berhasil melampaui return reksa dana saham dan campuran. Indeks return reksa dana pendapatan tetap tercatat sebesar 3,31% dan return reksa dana saham dan campuran masing-masing sebesar 0,26% dan 0,96%.
 
"Memang ada anomali pada awal tahun, tapi kondisinya akan kembali normal pada bulan depan. Kenaikan return reksa dana akan seiring dengan eprtumbuhan IHSG yang terus menanjak," katanya.
 
Sumber : Investor Daily